ARTI dan FUNGSI KELUARGA


Tulisan ini pernah di ajarkan oleh Dosenku Al Suhadi dalam Mata Kuliah BK Keluarga.

Keluarga ialah kelompok sosial yang terdiri atas dua orang atau lebih terkecil yang mempunyai ikatan darah, perkawinan atau adopsi (St. Vembriarto 1978, hal.58).

Keluarga merupakan kelompok sosial yang paling kecil, yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Dari unsur-unsur yang terkandung terdapat fungsi dalam keluarga diantaranya :
A. Fungsi Seksual
Dorongan akan seksual merupakan kebutuhan biologis manusia sebagaimana mestinya atu tersalurkan, tetapi tidak dapat dibenarkan oleh norma agama dan masyarakat, maka akan berakibat negatif bagi mereka yang melakukan. (misal : kebutuhan seks memuncak padahal belum memiliki wadah yang sah (hubungan pernikahan) kepada orang lain yang berlawanan jenis kelamin).
B. Fungsi Reproduksi
Dalam hal ini keluarga berfungsi untuk menghasilkan keluarga anggota baru, sebagai penerus kehidupan manusia yang turun temurun.
C. Fungsi Perlindungan dan Pemeliharaan
Keluarga juga berfungsi sebagai perlindungan terhadap semua anggota keluarganya, terutama kepada anak yang masih bayi.
D. Fungsi Pendidikan
Keluarga merupakan cara pemberian pendidikan pertama kepada anggotanya. Menurut Ki Hajar Dewantara lingkungan pendidikan dapat dibedakan menjadi tiga (3) macam :
a. Pendidikan di dalam keluarga (informal)
Anggota keluarga mengenal pendidikan pertama kali adalah dalam lingkungan keluarga, bahkan pendidikan tersebut dapat berlangsung saat anak masih dalam kandungan ibunya (dengan demikian pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan kodrati) karena ayah dan ibu merupakan pendidik yang nyata seumur hidupnya.
b. Pendidikan di dalam masyarakat (nonformal)
Pendidikan masyarakat adalah sebuah proses pendidikan alamiah yang diterimanya berdasarkan keadaan lingkungan sosial masyarakat dimana seseorang tinggal.
c. Pendidikan di dalam sekolah (formal)
Pendidikan formal merupakan pendidikan baku kepada seseorang yang ingin mendapatkan pendidikat secara tepat.
E. Fungsi Sosialisasi
Proses sosialisasi adalah proses belajar yaitu suatu proses akomodasi (pertolonga/bantuan) dengan mana individu menahan, mengubah impuls-impuls dalam dirinya dan mengambil cara hidup atau kebudayaan masayarakat.
F. Fungsi Afeksi dan Rekreasi
Kasih-sayang merupakan kebutuhan fundamental yang dapat dipenuhi bagi kebanyakan orang dalam keluarga. Hubungan cinta-kasih yang dibina oleh seseorang akan menjadi dasar perkawinan yang dapat menumbuhkan hubungan afeksi bagi semua anggota keluarga yang dibinanya.
Keluarga juga merupakan wadah rekreasi yang menciptakan rasa gembira, senang dan tenteram kepada anggotanya.
G. Fungsi Ekonomis
Terdapat perubahan saat ini, bahwa dulunya keluarga merupakan unit produksi ekonomi, namun sekarang keluarga lebih banyak sebagai unit konsumsi ekonomi saja.
H. Fungsi Status Sosial
Keluarga berfungsi sebagai suatu dasar yang menunjukkan kedudukan atau status bagi anggota-anggotanya. Keluarga akan mewariskan kedudukannya kepada anak-anaknya, karena kelahiran anggota biasanya dihubungkan dengan sistem ini.

Perihal alfabet1
Taman Bacaan - sebagai Perpustakaan Kecil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: