HIBAH BUKU

IKAPI Galang Gerakan Hibah di Peringatan Hari Buku Nasional

Jumat, 14 Mei 2010 13:16 WIB

Gerakan 1000 Buku
(VIVAnews)

Jakarta, (tvOne)

Untuk memperluas kesempatan anggota masyarakat Indonesia terhadap bahan bacaan, Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jakarta dan Forum Indonesia Membaca meluncurkan program Gerakan Hibah Buku. Aksi ini sekaligus untuk menyambut Hari Buku Nasional, Senin (17/5).

Informasi yang dikutip dari laman VIVAnews menyebutkan program ini merupakan aksi kepedulian dari penerbit dan masyarakat Indonesia untuk mendukung upaya-upaya fasilitasi kegiatan membaca yang dilakukan oleh taman bacaan masyarakat dan perpustakaan komunitas.

Gerakan Hibah Buku menghimpun buku-buku dari penerbit-penerbit Indonesia dan masyarakat umum untuk didistribusikan ke taman bacaan masyarakat. Pengumpulan buku hibah dilakukan bersamaan dengan penyelenggaraan World Book Day Indonesia dan Hari Buku Nasional 2010 mulai 15-25 Mei 2010 di Museum Mandiri, Jakarta.

Buku hibah dapat langsung dimasukan ke dalam kotak hibah buku yang disediakan panitia acara (gerakanhibahbuku@indonesiamembaca.org) Selain itu, buku hibah juga dapat disalurkan melalui toko buku Times se-Jabodetabek.

Sebagai langkah awal, hibah buku telah dilakukan oleh Komunitas Penulis Bacaan Anak dengan menyumbangkan 212 judul buku anak baru pada 2 Mei 2010. Kedutaan Besar Amerika Serikat juga menyumbangkan 300 eksemplar buku-buku pengetahuan umum. Selain itu, IKAPI Jakarta juga akan menghimpun hibah buku dari beberapa penerbit.

Buku hibah yang terkumpul akan didistribusikan ke taman bacaan yang dinilai memenuhi syarat pengelolaan baik administrasi maupun aktivitas hariannya. Sepuluh taman bacaan masyarakat yang akan mendapat hibah buku mulai 26 Mei 2010, di antaranya Kampung Buku (Cibubur), Rumah Baca Zhaffa (Manggarai), Komunitas Pendidikan Proklamasi (Menteng), TB Anak Rumah Poestaka (Cengkareng), Sanggar Daun (Lenteng Agung), Pondok Baca Qi Falah (Banten), Taman Bacaan Alfabet (Depok), Rumah Baca Istana Rumbia (Wonosobo), Sanggar Anak Merdeka (Solo), dan Pondok Baca Sorpring (Cepu).

Gerakan Hibah Buku juga akan didistribusikan ke taman bacaan lain apabila jumlah buku yang terkumpul memungkinkan.

** http://sosialbudaya.tvone.co.id/berita/view/38987/2010/05/14/ikapi_galang_gerakan_hibah_di_peringatan_hari_buku_nasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: